PERKEMBANGAN JANIN USIA 0 SAMPAI 3 MINGGU




PERKEMBANGAN JANIN USIA 0 SAMPAI 3 MINGGU

A.   Masa Perkembangan Pra Natal
a.    Pengertian perkembangan
Perkembangan dapat diartikan sebagai “perubahan yang progresif dan kontinyudalam diri individu dari mulai lahir sampai mati” (The progressive and continuous change in the organism from birth to death). Pengertian lain dari perkembangan adalah “perubahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah)
Perkembangan manusia berlangsung secara berurutan atau berkesinambungan melalui periode atau masa. Menurut Santrock (2010) periode perkembangan itu terdiri atas tiga periode, yaitu anak (childhood), remaja (adolescence), dan dewasa (adulthood).
b.    Perkembangan Pra Natal
Pada perkembangan pra natal atau sebelum kelahiran aspek yang dapat di amati dari perubanah itu hanyalah aspek fisik dimana perubahan bentuk tubuh yang mulai lengkap. Sedangkan aspek lain seperti perkembangan intelegensi, emosi, bahasa, social, kepribadian, moral dan kesadaran beragama tidak dapat diamati mengingat janin usia 0-3 bulann yang masih dalam kandungan belum bias apa-apa. Perubahan fisik janin dalam kandungan yang berusia 0-3 bulan adalah sebagai berikut:
Manusia dimulai dari proses pembuahan (pertemuan  sel telur dan sperma) yang membentuk suatu sel kehidupan, yang disebut embrio. Embrio yang telah berumur satu bulan berukuran sekitar 0,5 cm. pada umur dua bulan, ukuran embrio itu membesar menjadi 2,5 cm dan disebut janin atau fetus. Satu bulan kemudian (kandungan telah berumur 3 bulan) , janin tersebut akan berbentuk menyerupai bayi dalam ukuran kecil.
Masa sebelum, lahir atau pra natal merupakan masa pertumbuhan atau perkembangan manusia yang sangat kompleks karena pada masa itu merupakan awal terbentuknmya organ-organ tubuh dan tersusunnya jaringan saraf yang membentuk system yang lengkap. Pertumbuhan dan perkembangan janin di akhiri saat kelahiran. Kelahiran pada dasarnya merupakan pertanda kematangan biologis dan jaringan saraf masing-masing komponen biologis telah mampu berfungsi secara mandiri.
B.   Masa Perkembangan Kandungan 0 sampai 3 bulan
a.    Ciri Fisik janin
Perkembangan bayi dalam kandungan anda akan menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan dalam proses kehamilan ini karena hampir semua apa yang anda lakukan berefek tehadap bayi dalam kandungan anda ini. ---Mari kita melihat apa saja perkembangan dan perubahan yang terjadi pada bayi pada periode awal kehidupannya.
(Oleh suririnah Senin, 08-Nopember-2004, 08:54:52)


1. Minggu ke satu

Pada minggu ini, menjadi menstruasi yang terakhir sebelum kehamilan. Perdarahan terjadi dan hormone-hormon ditubuh mempersiapkan sel telur untuk siap dilepaskan dan nantinya akan melkukan proses pembuahan. 
2. Minggu ke dua

Uterus (dinding rahim) menebal dan mempersiapkan untuk tahap ovulasi. 
3. Minggu ke tiga

Merupakan masa ovulasi (pelepasan telur). Kehamilan terjadi pada saat ini. Pembuahan terjadi pada saat sperma dari pasangan anda bertemu dengan sel telur anda di tuba falopi. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari, setelah telur dibuahi maka dinamakan zygote yang merupakan calon embrio.
4. Minggu ke empat

Saat buat si zygote kecil untuk menemukan tempat didalam rahim anda. Dengan berakhirnya minggu ini, anda tidak mendapat menstruasi, dan menjadi tanda pertama kemungkinan kehamilan. Pada beberapa wanita mendapatkan sedikit perdarahan dan disalahartikan sebagai menstruasi, sebenarnya perdarahan yang sedikit itu karena implatasi dari zygote ke Rahim.
5. Minggu ke lima

Ukuran bayi anda sekarang sekitar sebuah biji aple dan pada minggu ini disebut sebagai embrio. Bayi anda sudah mempunyai detak jantung sendiri, plasenta dan tali pusat sudah berkerja sepenuhnya pada minggu ini. Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk, sistim saraf mulai berkembang. 

6. Minggu ke enam

Embrio terlihat seperti berudu. Pada minggu ini dapat mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan masih seperti tunas. pada minggu ini pembentukan awal dari hati, pancreas, paru-paru,kelenjar tiroid dan jantung. 

7. Minggu ke tujuh

Jantung sudah terbentuk lengkap. Saraf dan otot bekerja bersamaan unutk pertama kalinya. Bayi mempunyai reflek dan bergerak spontan(anda belum dapat merasakannya). Akhir minggu ke ini otak akan terbentuk lengkap. 

8. Minggu ke delapan

Embrio sekarang berukuran panjang sekitar 25-30 mm. Lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki,tangan, lengan, bahu. Organ reproduksinya mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk sempurna, mata membentuk pigmen. Didalam otak, jaringan saraf berhubungan dengan lobi penciuman di otak. 
Jantung sudah memompa dengan kuat dan irama teratur. 




9. Minggu ke sembilan

Pergerakan pertama fetus dapat dideteksi dengan USG. Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk. 

10. Minggu ke sepuluh

Tulang sudang menggantikan kartilago. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh. 

11. Minggu ke sebelas

Organ seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing). 

12. Minggu ke dua belas
Ukuran fetus anda sekarang sekitar 8 cm. Semua organ vital bayi sudah terbentuk.
Dengan signal dari otak, otot akan merespon dan bayi sudah dapat menendang.
Akhir trimester pertama,organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Rasa mual dan lelah pada anda sudah hilang. Perkembangan selanjutnya anda akan melihat pertumbuhan bayi (dan juga anda) bertumbuh lebih besar. Dikutip dari postingan © Dr.Suririnah- www.infoibu.com-.
b.    Ciri Fisik Ibu
Beberapa perubahan pada tubuh ibu hamil di trimester pertama ( 0 – 12 minggu) kehamilan :


  • Pembesaran Payudara
Payudara akan membesar dan kencang, ini karena pada awal pembuahan terjadi peningkatan hormone kehamilan yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan memberi nutrisi pada jaringan payudara.
  • Sering Buang Air Kecil
Ibu akan merasa lebih sering ingin buang air kecil, ini karena adanya pertumbuhan rahim yang menekan kandung kencing anda dan perubahan hormonal.
  • Konstipasi
    Ibu hamil mungkin akan merasa kesulitan untuk buang air besar, hal ini karena peningkatan hormone progesterone yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien, juga Tablet Zat Besi (iron) yang diberikan oleh dokter biasanya memyebabkan masalah konstipasi ini selain itu zat besi tablet akan menyebabkan warna feses anda kehitaman,.
  • Morning Sickness (Mual Muntah)
Laporan menunjukkan bahwa separuh dari wanita hamil mengalami mual dan mulai pada bulan ke dua. Mual terhadap makanan tertentu, bahkan hanya karena mencium bau makanan tertentu saja. Hal ini karena adanya peningkatan hormonal.
  • Merasa Lelah
Ibu hamil akan merasa lelah, hal ini karena tubuh anda bekerja secara aktif untuk menyesuaikan secara fisik dan emosional untuk kehamilan ini. Juga peningkatan hormonal dapat mempengaruhi pola tidur anda.
  • Sakit Kepala

Ibu hamil mungkin akan merasa sakit kepala yang lebih sering daripada biasa, hal ini mungkin karena rasa mual, kelelahan, lapar, tekanan darah rendah, dan dapat juga karena perasaan tegang atau bahkan depresi.
Atasilah dengan beristirahat, dan makanan dengan makan sedikit tapi sering biasanya dapat menolong, relaks.
  • Pusing 
    Merasa pusing sering pada awal kehamilan hal ini karena adanya peningkatan tuntutan darah ke tubuh sehingga sewaktu berubah posisi dari tidur atau duduk ke posisi berdiri secara tiba-tiba, system sirkulasi darah sulit adaptasi.
  • Kram Perut
Pada trimester awal ini, anda mungkin mengalami kram perut atau kram seperti menstruasi atau rasa sakit seperti ditusuk yang timbul sebentar dan tidak menetap. Hal ini sering terjadi dan kemungkinan karena adanya pertumbuhan dan pembesaran dari rahim dimana otot dan ligament merenggang untuk menyokong rahim.
  • Meludah
    Jangan merasa malu bila sang ibu merasa air ludah seorang ibu hamil menjadi agak berlebih, hal ini biasa terjadi pada kehamilan biasanya pada ibu hamil yang mengalami morning sickness. Ini biasanya timbul pada trimester pertama tapi jarang terjadi.
  • Emosional 
    Pada trimester awal kehamilan ini juga terjadi mempengaruhi emosional menjadi tak stabil, hal ini karena adanya perubahan hormon dan juga rasa tanggung jawab baru sebagai seorang calon ibu.
  • Peningkatan Berat Badan
Pada akhir trimester pertama ini sang ibu akan kesulitan untuk memasang kancing rok/celana panjang. Hal ini bukan berarti adanya peningkatan berat badan yang banyak tapi karena rahim anda berkembang dan memerlukan ruang dan ini semua karena pengaruh dari hormone estrogen yang menyebabkan pembesaran rahim dan hormone progesterone yang menyebabkan tubuh menahan air.
BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
·         Perkembangan dapat diartikan sebagai “perubahan yang progresif dan kontinyu dalam diri individu dari mulai lahir sampai mati” (The progressive and continuous change in the organism from birth to death).
·         Perkembangan pra natal terdiri dari perkembangan fisik janin dalam kandungan dari minggu pertama hingga minggu ke dua belas.
·         Ciri perubahan fisik pada ibu hamil ditandai dengan pembesaran payudara, serimg buang air, kontipasi, morning sickness, merasa lelah,sakit kepala, pusing, kram perut, meludah, emosional dan peningkatan berat badan.

B.   Saran
Kepada para pembaca di harapkan dapat mengkritik atas segala kekurangan karya tulis ini demi terciptanya karya tulis yang lebih baik lagi.

DAFTAR PUSTAKA
Fatimah, Enung.2006.Psikologi Perkembangan (perkembangan peserta didik).Bandung:Pustaka Setia
Yusuf, Syamsu.2000.Psikologi perkembangan Anak dan Remaja.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Yusuf, Syamsu & M.sugandhi, Nani.2012.Perkembangan Peserta Didik.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Sunarto & Hartono, B.Agung.2008.perkembangan Peserta Didik.Jakarta:Rineka Cipta
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=15 (Senin, 08-Nopember-2004, 08:54:52, Oleh suririnah)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS