RPL dan Laporan layanan Bimbingan Lintas Kelas / Bimbingan Kelas Besar Bidang Karir
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang
KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELAS BESAR/LINTAS KELAS
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Peminatan dan Perencanaan
Individual
|
B
|
Bidang Layanan
|
Karir
|
C
|
Topik Layanan
|
Jalur Masuk Perguruan Tinggi
Negeri
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pengembangan perencanaan karir (Permendikbud No.111
Tahun 2014)
|
E
|
Tujuan Umum
|
Mempelajari kemampuan diri,
peluang dan pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan
alternatif karir yang lebih terarah. (SKKPD)
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Peserta
didik mengetahui jalur masuk perguruan tinggi
2. Peserta
didik mengetahui macam-macam jurusan di perguruan tinggi
3. Peserta
didik mampu menentukan minat dan jurusan yang sesuai
|
G
|
Sasaran layanan
|
Seluruh kelas akhir (Kelas 3 dan
6)
|
H
|
Materi
|
Jalur masuk SNMPTN, SBMPTN
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
Internet
|
K
|
Metode/ Teknik
|
Ceramah / Writing
|
L
|
Media/Alat
|
Proyektor, Slide presentasi.
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap
Awal/Pendahuluan
|
|
|
a. Pernyataan
Tujuan
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
konselor menyapape serta didik, dan dapat diikuti dengan Ice Breaking/games
sederhana, serta menyampaikan tujuan yang akan dicapai
|
|
b. Penjelasan
tentang kegiatan
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab
peserta didik. Misalnya “Adik-adik, hari
ini kita akan mengadakan bimbingan lintas kelas untuk kelas akhir terkait
jalur masuk universitas”
|
|
c. Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
Konselor memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan yaitu
tentang jalur masuk PTN.
|
|
d. Tahap
peralihan (transisi)
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
Konselor menanyakan kesiapan peserta didik, kemudian memulai masuk ke tahap
inti. Misalnya “Sekarang kita akan
masuk ke materi, apakah kalian sudah siap atau ada yang ingin ditanyakan
terlebih dahulu?”
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a. Kegiatan
peserta didik
|
a) Peserta
didik memperhatikan penjelasan dari guru BK
b) Peserta
didik mencatat hal-hal yang kiranya diperlukan untuk dimasa mendatang.
c) Peserta
didik mengajukan pertanyaan terkait seleksi masuk PTN apabla ada yang masih
belum dimengerti.
|
|
b. Kegiatan
guru BK
|
a) Guru
BK menjelaskan terkait seleksi masuk perguruan tinggi
b) Guru
BK memberikan selebaran atau leaflet yang telah dibuat sebagai media untuk
mempermudah peserta didik.
|
|
3. Tahap Penutup
|
|
|
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
Konselor memberikan penguatan terhadap pengalaman belajar peserta didik,
misalnya dengan “Adik-adik, setelah ini
kalian juga harus berusaha untuk belajar agar apa PTN yang kalian inginkan
bisa menerima kalian dengan penuh rasa bangga.”
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
a. Evaluasi
proses
|
Guru Bimbingan dan Konseling atau
Konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
a) Mengadakan
refleksi
b) Sikap
peserta didik dalam mengikuti kegiatan : semangat
c) Cara
peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya :sesuai dengan topik
d) Cara
peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan: mudah dipahami.
|
|
b. Evaluasi
hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti
kegiatan klasikal, antara lain:
a) Suasana
pertemuan : menyenangkan
b) Topik
yang dibahas: penting
c) Cara
penyampaian Guru BK: mudah dipahami
d) Kegiatan
yang diikuti: menarik menarik untuk diikuti
|
O
|
Lampiran:
1. Leaflet
2. Slide
PPT
|
Pangkat,
November 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LAPORAN
BIMBINGAN KELAS BESAR/LINTAS KELAS
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2018 – 2019
1
|
Peserta kegiatan
|
Peserta
kelas akhir (kelas 3 dan 6)
|
2
|
Tujuan kegiatan
|
Mempelajari
kemampuan diri, peluang dan pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada
pengembangan alternatif karir yang lebih terarah. (SKKPD)
|
3
|
Kelas /Semester
|
Seluruh
Kelas 3 dan 6 / Ganjil
|
4
|
Hari/Tanggal
|
Sabtu,
6 Oktober 2018
|
5
|
Durasi pertemuan
|
1
x 45 Menit
|
6
|
Pemateri
|
Enung
Sinta Nuriah
|
7
|
Materi
|
Jalur
Masuk PTN
|
8
|
Hasil dan Tindak
Lanjut
|
Hasil
: Siswa mengetahui macam-macam jalur masuk PTN di Indonesia
Tindak
lanjut : Siswa merencanakan dan menganalisis jalur masuk PTN, siswa
menuliskan planning disetiap jalur masuk PTN.
|
Pangkat,
Oktober 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
Komentar
Posting Komentar