silabus bk belajar untirta



SILABI MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah                                 :   Bimbingan dan Konseling Belajar

Kode Mata Kuliah                                  :   PBK 414

SKS                                                       :   4 SKS Teori 2  Praktek 2

Dosen                                                    :   Tim

Program Studi                                       :   Bimbingan dan Konseling

Prasyarat                                               :   -

Waktu Perkuliahan                                :   Semester Gasal

Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan

Pertemuan
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan dan Sub Pokok
Bahasan
1
Mahasiswa   mampu   memahami
tentang   mata  kuliah   Bimbingan dan Konseling Belajar
Orientasi    perkuliahan    berisi    tentang
tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, komponen evaluasi hasil belajar   dan   sumber   bacaan/referensi yang terkait.
2
Mahasiswa memahami tentang paradigma baru dalam pendidikan dan konsep dasar belajar
1.  Paradigma    baru    pendidikan    dan pembelajaran
2.  Konsep dasar belajar (esensi belajar



dan ciri-ciri perubahan perilaku hasil
belajar)
3
Mahasiswa   memahami   tentang
konsep dasar  dan  bentuk-bentuk layanan BK belajar
1.  Konsep  dasar  BK  Belajar  (definisi,
kawasan,  tujuan,  fungsi  dan  prinsip
BK Belajar)
2.  Bentuk layanan BK Belajar (layanan preventif, kuratif dan development)
4
Mahasiswa   memahami   tentang
konsep gaya belajar
1.  Konsep dasar gaya belajar
2.  Macam-macam gaya belajar
3.  Memfasilitasi   siswa   sesuai   dengan gaya belajar
5 – 12
Mahasiswa   memahami   tentang
berbagai   macam   permasalahan belajar
1.  Fobia sekolah
2.  Kegagalan dalam sekolah
3.  Perilaku mencontek
4.  Burnout bersekolah
5.  Motivasi rendah
6.  Underachievement
7.  Prokrastinasi akademik
8.  Drop out (DO)
13 – 14
Mahasiswa mampu memberikan keterampilan-keterampilan pokok belajar
Keterampilan pokok belajar (keterampilan mencatat, keterampilan menghafal, keterampilan      mempersiapkan      ujian,
keterampilan mengerjakan tes, keterampilan mengatasi kejenuhan)
15
Mahasiswa   mampu   memahami tentang motivasi belajar
Motivasi belajar (definisi, motivasi dalam belajar dan membangkitkan motivasi)
16
MID SEMESTER
17 18
Mahasiswa   memahami   tentang
konsep dasar DKB dan prosedur remedial
1.  Konsep     dasar     DKB     (Diagnosis
Kesulitan Belajar) meliputi definisi, kedudukan dalam pembelajaran, kesulitan belajar, macam-macam kesulitan belajar, sebab-sebab terjadinya kesulitan belajar
2.  Konsep dasar dan prosedur remedial
19 – 20
Mahasiswa mampu
menyelenggarakan bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok belajar
(penyelenggaraan bimbingan kelompok)
21 22
Mahasiswa memperoleh gambaran yang lengkap tentang
masalah dan kebutuhan belajar siswa.
Asesmen kebutuhan belajar
(pengembangan instrumen, pengumpulan data asesmen, presentasi hasil asesmen)
23
Mahasiswa   mampu   memahami prosedur DKB
Prosedur  DKB  (langkah-langkah  dalam diagnosis kesulitan belajar)
24 31
Mahasiswa           mempraktekkan prosedur DKB
Penyelenggaraan  DKB  (presentasi  hasil diskusi kelompok)
32
UJIAN AKHIR SEMESTER

Evaluasi Hasil Belajar                         :

Komponen keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan adalah sebagai berikut :

1.
Presensi/ kehadiran                        :
10 %
2.
Partisipasi dalam kelas                   :
15 %
3.
Tugas-tugas                                    :
20 %
4.
Ujian tengah semester                    :
25 %
5.
Ujian akhir semester                       :
30 %



Daftar Literatur/Referensi

Abin  Syamsuddin  M.  2003.  Psikologi Kependidikan  (Perangkat  Sistem  Pengajaran  Modul).
Bandung : Remaja Rosdakarya.

Dirjen Dikti. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan
Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung : UPI Jurusan PPB.
Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Jacobs, Ed E., Masson, R.L, & Harvill, R.L. 2006. Group Counseling : Strategies & Skills, Fifth
Edition. USA: Thomson Brooks/Cole.
Prashnig, Barbara. (2007). The Power of Learning Styles (Terjemahan). Bandung : Kaifa. Schmidt, J.J. 2003. Counseling In Schools: Essential Services and Comprehensive Programs
(Fourth Edition). USA: Pearson Education, Inc.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Literatur tambahan
Journal counseling and development
Dosen dapat dihubungi di
1.  Kaprodi BK
2.  Melalui email, telepon               

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS