silabus bk belajar untirta
SILABI MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling Belajar
Kode Mata Kuliah : PBK
414
SKS
:
4 SKS Teori
2 Praktek 2
Dosen
:
Tim
Program Studi : Bimbingan dan Konseling
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan : Semester Gasal
Uraian Pokok Bahasan Tiap
Pertemuan
Pertemuan
|
Tujuan
Perkuliahan
|
Pokok
Bahasan dan Sub
Pokok
Bahasan
|
1
|
Mahasiswa
mampu memahami
tentang
mata
kuliah Bimbingan dan
Konseling Belajar
|
Orientasi
perkuliahan berisi tentang
tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, komponen evaluasi hasil belajar
dan sumber bacaan/referensi
yang terkait.
|
2
|
Mahasiswa memahami tentang
paradigma baru
dalam pendidikan dan konsep dasar
belajar
|
1. Paradigma baru
pendidikan
dan
pembelajaran
2. Konsep dasar belajar (esensi belajar
|
|
|
dan ciri-ciri perubahan perilaku hasil
belajar)
|
3
|
Mahasiswa
memahami tentang
konsep
dasar dan bentuk-bentuk layanan BK
belajar
|
1. Konsep
dasar BK
Belajar (definisi,
kawasan,
tujuan,
fungsi
dan prinsip
BK Belajar)
2. Bentuk layanan BK Belajar (layanan preventif,
kuratif dan development)
|
4
|
Mahasiswa
memahami tentang
konsep gaya
belajar
|
1. Konsep dasar gaya belajar
2. Macam-macam gaya belajar
3. Memfasilitasi siswa
sesuai
dengan gaya belajar
|
5 – 12
|
Mahasiswa
memahami tentang
berbagai macam
permasalahan
belajar
|
1. Fobia sekolah
2. Kegagalan dalam
sekolah
3. Perilaku mencontek
4. Burnout
bersekolah
5. Motivasi rendah
6. Underachievement
7. Prokrastinasi akademik
8. Drop out
(DO)
|
13 – 14
|
Mahasiswa mampu memberikan
keterampilan-keterampilan
pokok belajar
|
Keterampilan pokok belajar (keterampilan
mencatat,
keterampilan menghafal,
keterampilan mempersiapkan
ujian,
keterampilan mengerjakan
tes, keterampilan mengatasi kejenuhan)
|
15
|
Mahasiswa
mampu memahami
tentang
motivasi belajar
|
Motivasi belajar (definisi, motivasi dalam belajar dan membangkitkan motivasi)
|
16
|
MID
SEMESTER
|
|
17 – 18
|
Mahasiswa
memahami tentang
konsep
dasar DKB dan prosedur remedial
|
1. Konsep dasar DKB (Diagnosis
Kesulitan
Belajar) meliputi
definisi,
kedudukan dalam pembelajaran,
kesulitan belajar, macam-macam
kesulitan belajar, sebab-sebab
terjadinya kesulitan belajar
2. Konsep dasar dan
prosedur
remedial
|
19 – 20
|
Mahasiswa mampu
menyelenggarakan bimbingan kelompok
|
Bimbingan kelompok belajar
(penyelenggaraan
bimbingan kelompok)
|
21 – 22
|
Mahasiswa memperoleh gambaran yang lengkap tentang
masalah dan kebutuhan belajar siswa.
|
Asesmen kebutuhan belajar
(pengembangan instrumen, pengumpulan
data asesmen, presentasi hasil asesmen)
|
23
|
Mahasiswa
mampu memahami
prosedur DKB
|
Prosedur
DKB (langkah-langkah dalam
diagnosis kesulitan belajar)
|
24 – 31
|
Mahasiswa mempraktekkan
prosedur DKB
|
Penyelenggaraan DKB
(presentasi hasil diskusi kelompok)
|
32
|
UJIAN
AKHIR SEMESTER
|
Evaluasi Hasil
Belajar
:
Komponen keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti
perkuliahan adalah sebagai berikut :
1.
|
Presensi/
kehadiran :
|
10 %
|
2.
|
Partisipasi
dalam kelas :
|
15 %
|
3.
|
Tugas-tugas :
|
20 %
|
4.
|
Ujian tengah semester :
|
25 %
|
5.
|
Ujian akhir
semester :
|
30 %
|
Daftar Literatur/Referensi
Abin Syamsuddin M.
2003.
Psikologi Kependidikan (Perangkat
Sistem Pengajaran Modul).
Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Dirjen Dikti. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan
Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung : UPI Jurusan PPB.
Hamzah B. Uno.
2006. Orientasi
Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi
Aksara. Jacobs, Ed E., Masson, R.L, & Harvill, R.L. 2006. Group Counseling : Strategies & Skills, Fifth
Edition. USA:
Thomson Brooks/Cole.
Prashnig, Barbara. (2007). The
Power of Learning
Styles (Terjemahan). Bandung : Kaifa.
Schmidt, J.J. 2003. Counseling In Schools: Essential Services and Comprehensive Programs
(Fourth
Edition). USA: Pearson Education, Inc.
Sugihartono,
dkk. (2007). Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta :
UNY Press.
Literatur tambahan
Journal
counseling and development
Dosen dapat dihubungi di
1. Kaprodi BK
2. Melalui email, telepon
Komentar
Posting Komentar