silabus bk pribadi-sosial



A.      IDENTITAS MATA KULIAH
1.        Nama Mata Kuliah                : BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI – SOSIAL
2.        Kode Mata Kuliah : JBK614207
3.        Beban Kredit                         : 3 sks
4.        Jam Pertemuan      : 3 jam
5.        Dosen                                   : Rahmawati, S.Psi.,M.A.

B.       DESKRIPSI MATA KULIAH
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman konseptual tentang Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial, memiliki strategi pengembangan pribadi-sosial, serta mampu Merancang dan menyelenggarakan program bimbingan berkenaan dengan masalah-masalah pribadi dan sosial. Adapun ruang lingkup mata kuliah Bimbingan Konseling Pribadi - Sosial meliputi :
1.        Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Pribadi – Sosial.
2.        Tujuan Bimbingan dan Konseling yang terkait dengan aspek Pribadi – Sosial.
3.        Hubungan Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial  dengan layanan Bimbingan dan Konseling lainnya.
4.        Masalah-masalah yang terkait dengan Pribadi –Sosial.
5.        Keterkaitan aspek-aspek perkembangan dalam pengembangan pribadi sosial.
6.        Strategi pengembangan pribadi-sosial  (Layanan Dasar, Layanan Responsif, Layanan Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem).
7.        Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial.

C.       KOMPETENSI/SUB KOMPETENSI
Kompetensi
Subkompentensi
Memahami konsep dasar BK pribadi dan sosial
1.     Keterkaitan diri dengan lingkungan sosial
2.     Pengertian BK Pribadi-Sosial
3.     Urgensi BK Pribadi –Sosial
Memahami tujuan BK pribadi dan sosial
1.     Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek pribadi
2.       Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek sosial
Memahami hubungan BK pribadi-sosial dengan layanan BK lainnya
1.       Hubungan BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan pribadi
2.       Akademik Hubungan BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan Karir 
3.       Hubungan BK pribadi sosial dengan Bimbingan Keluarga
Memahami masalah terkait BK pribadi-sosial
1.       Permasalahan dalam bk pribadi
2.       Permasalah dalam bk sosial
Memahami aspek dalam pengembangan pribadi dan sosial
1.        Kepribadian
2.        Keluarga
3.        Sekolah
4.        Peer group
1.       Budaya
Memahami strategi pengembangan BK pribadi-sosial
1.       Layanan Dasar
2.       Layanan Responsif
3.       Layanan Perencanaan Individual
4.       Dukungan Sistem
Dapat melakukan penyusunan program BK pribadi-sosial
Memperhatikan kompetensi dan sub kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya


D.       PENILAIAN

No
Aspek Penilaian
Bobot
1
Keaktifan di kelas
15 %
2
Penyajian dan Diskusi Tatap Muka
15 %
3
Laporan tugas tiap pertemuan
15 %
4
Ujian Tengan Semester
25 %
5
Ujian Akhir Semester
30 %

E.       URAIAN POKOK BAHASAN
Pert.
Tujuan Pembelajaran
Topik
Metode Pembelajaran
1
Mahasiswa memahami Orientasi Umum Perkuliahan
1.     Penjelasan Silabus
2.     Pengelolaan Perkuliahan
Ekspositori
2
Mahasiswa memahami Konsep Dasar BK Pribadi- Sosial dan tujuannya
1.     Keterkaitan diri dengan lingkungan sosial
2.     Pengertian BK Pribadi-Sosial
3.     Urgensi BK Pribadi –Sosial
4.     Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek pribadi
5.     Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek sosial
Tugas kelompok 1 (1,2, dan 3)
= sheyla, risa o

Tugas kelompok 2
(4 dan 5)
4-5
Mahasiswa memahami Hubungan BK Pribadi-Sosial  dengan Layanan BK lainnya
1.     Hubungan BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan pribadi
2.     Hubungan BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan Karir 
3.     Hubungan BK pribadi sosial dengan Bimbingan Keluarga
Tugas kelompok 3 (1)


Tugas kelompok 4 (2)


Tugas kelompok 5 (3)
6-7
Mahasiswa memahami masalah-masalah yang terkait dengan bidang Pribadi dan sosial
1.      Permasalahan dalam bk pribadi
2.      Permasalah dalam bk sosial
Tugas kelompok 6 (1)

Tugas kelompok 7 (2)
8
UTS
9-10
Mahasiswa memahami  aspek-aspek dalam pengembangan pribadi- sosial
1.        Kepribadian
2.        Keluarga
3.        Sekolah
4.        Peer group
5.        Budaya
Tugas kelompok 8
(1,2, dan 3)

Tugas kelompok 9
(4 dan 5)
11
Mahasiswa memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
 Layanan Dasar

Tugas kelompok 10
12
Mahasiswa memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
Layanan Responsif
Tugas kelompok 11
13
Mahasiswa memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
Layanan Perencanaan Individual
Dukungan Sistem

Tugas kelompok 12
14-15
Mahasiswa memahami
Penyusunan Program Pribadi-Sosial
Tugas penyusunan program BK pribadi  dan sosial


16
UAS
Catatan :
1.        Pembagian kelompok menjadi 12 (1 kelompok berisi 3 atau 4 orang)
2.        Tugas  berupa presentasi dan makalah yang dikonsultasikan, dengan ketentuan sebagai berikut :
a.      Susunan penulisan : pendahuluan, tinjauan teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan, evaluasi (5 pertanyaan multiple choise)
b.     Syarat minimal 15 halaman
c.      Lakukan bimbingan khusus sampai pengumpulan akhir di uas (ada lembar bimbingan)
d.     Cara penulisan : times new roman 12 dengan 1,5 spasi
e.      Presentasi berupa ppt yang mudah dipahami : bisa disertai gambar dan video
3.        Pada tiap presentasi seluruh anggota kelompok harus hafal teori masing-masing, karena ada sesi menjelaskan teori secara masing-masing individu pada kelompok audiens yang diatur saat perkuliahan. Pembagian berkelompok audiens saat presentasi menjadi 3 kelompok besar (1,2,3,4); (5,6,7,8); (9,10,11,12) kecuali kelompok presenter (dikurangi kelompok presentasi)

F.       DAFTAR RUJUKAN
---------. (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung PT. Remaja Rosda Karya.

-------. (2006). Program Bimbingan dan Kons eling di Sekolah. Bandung : Puistaka Bani Quraisy.

Browers, Judy L. & Hatch, Patrricia A. (2002). The National Model For School Counseling Programs. ASCA ( American School Counselor Association).

Gibson R.L. & Mitchel M.H. (1986). Introduction to Counseling and Guidance New York : MacMillan Publishing Company.

Prayitno. 2002. Dasa-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf, L.N. & Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Wahab, R. (2003). Bimbingan Sosial-Pribadi Berbasis Model Perkembangan. Desertasi Pada Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Tidak Diterbitkan)

Walgito, B. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Winkel, W.S. 2005. BK di Institusi Pendidikan. Jakarta : Grasindo


Kontrak pembelajaran
Kuliah : rabu, 07.30, keterlambatan 15 menit
Konsekwensi keterlambatan masik ttp gak absen
Konsekwensi absen kurang : tugas tambahan refew jurnal
Reward keaktifan 2 point/ keaktifan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS