silabus bk pribadi-sosial
A. IDENTITAS
MATA KULIAH
1.
Nama Mata Kuliah : BIMBINGAN DAN KONSELING
PRIBADI – SOSIAL
2.
Kode Mata Kuliah : JBK614207
3.
Beban Kredit : 3 sks
4.
Jam Pertemuan : 3 jam
5.
Dosen : Rahmawati, S.Psi.,M.A.
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Setelah mengikuti perkuliahan ini,
mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman konseptual tentang Bimbingan dan
Konseling Pribadi-Sosial, memiliki strategi pengembangan pribadi-sosial, serta
mampu Merancang dan menyelenggarakan program bimbingan berkenaan dengan
masalah-masalah pribadi
dan sosial. Adapun ruang lingkup mata kuliah Bimbingan Konseling Pribadi -
Sosial meliputi :
1.
Konsep Dasar Bimbingan dan
Konseling Pribadi – Sosial.
2.
Tujuan Bimbingan dan Konseling yang
terkait dengan aspek Pribadi – Sosial.
3.
Hubungan Bimbingan dan Konseling
Pribadi-Sosial dengan layanan Bimbingan
dan Konseling lainnya.
4.
Masalah-masalah yang terkait dengan
Pribadi –Sosial.
5.
Keterkaitan aspek-aspek
perkembangan dalam pengembangan pribadi sosial.
6.
Strategi pengembangan
pribadi-sosial (Layanan Dasar, Layanan
Responsif, Layanan Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem).
7.
Penyusunan Program Bimbingan dan
Konseling Pribadi-Sosial.
C. KOMPETENSI/SUB
KOMPETENSI
Kompetensi
|
Subkompentensi
|
Memahami
konsep dasar BK pribadi dan sosial
|
1. Keterkaitan
diri dengan lingkungan sosial
2. Pengertian
BK Pribadi-Sosial
3. Urgensi
BK Pribadi –Sosial
|
Memahami
tujuan BK pribadi dan sosial
|
1.
Tujuan
bimbingan dan konseling pada aspek pribadi
2. Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek sosial
|
Memahami
hubungan BK pribadi-sosial dengan layanan BK lainnya
|
1. Hubungan
BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan pribadi
2. Akademik
Hubungan BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan Karir
3. Hubungan
BK pribadi sosial dengan Bimbingan Keluarga
|
Memahami
masalah terkait BK pribadi-sosial
|
1. Permasalahan
dalam bk pribadi
2. Permasalah
dalam bk sosial
|
Memahami
aspek dalam pengembangan pribadi dan sosial
|
1.
Kepribadian
2.
Keluarga
3.
Sekolah
4.
Peer group
1. Budaya
|
Memahami
strategi pengembangan BK pribadi-sosial
|
1. Layanan
Dasar
2. Layanan
Responsif
3. Layanan
Perencanaan Individual
4. Dukungan
Sistem
|
Dapat
melakukan penyusunan program BK pribadi-sosial
|
Memperhatikan
kompetensi dan sub kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya
|
D. PENILAIAN
No
|
Aspek
Penilaian
|
Bobot
|
1
|
Keaktifan di kelas
|
15 %
|
2
|
Penyajian dan Diskusi Tatap Muka
|
15 %
|
3
|
Laporan tugas tiap pertemuan
|
15 %
|
4
|
Ujian Tengan Semester
|
25 %
|
5
|
Ujian Akhir Semester
|
30 %
|
E. URAIAN
POKOK BAHASAN
Pert.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Topik
|
Metode Pembelajaran
|
1
|
Mahasiswa
memahami Orientasi Umum Perkuliahan
|
1. Penjelasan
Silabus
2.
Pengelolaan Perkuliahan
|
Ekspositori
|
2
|
Mahasiswa
memahami Konsep Dasar BK Pribadi- Sosial dan tujuannya
|
1. Keterkaitan
diri dengan lingkungan sosial
2. Pengertian
BK Pribadi-Sosial
3. Urgensi
BK Pribadi –Sosial
4.
Tujuan
bimbingan dan konseling pada aspek pribadi
5. Tujuan bimbingan dan konseling pada aspek sosial
|
Tugas
kelompok 1 (1,2, dan 3)
=
sheyla, risa o
Tugas
kelompok 2
(4
dan 5)
|
4-5
|
Mahasiswa
memahami Hubungan BK Pribadi-Sosial
dengan Layanan BK lainnya
|
1. Hubungan
BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan pribadi
2. Hubungan
BK Pribadi-sosial dengan Bimbingan Karir
3. Hubungan
BK pribadi sosial dengan Bimbingan Keluarga
|
Tugas
kelompok 3 (1)
Tugas
kelompok 4 (2)
Tugas
kelompok 5 (3)
|
6-7
|
Mahasiswa
memahami masalah-masalah yang terkait dengan bidang Pribadi dan sosial
|
1. Permasalahan
dalam bk pribadi
2. Permasalah
dalam bk sosial
|
Tugas
kelompok 6 (1)
Tugas
kelompok 7 (2)
|
8
|
UTS
|
||
9-10
|
Mahasiswa
memahami aspek-aspek dalam
pengembangan pribadi- sosial
|
1.
Kepribadian
2.
Keluarga
3.
Sekolah
4.
Peer group
5.
Budaya
|
Tugas
kelompok 8
(1,2,
dan 3)
Tugas
kelompok 9
(4
dan 5)
|
11
|
Mahasiswa
memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
|
Layanan Dasar
|
Tugas
kelompok 10
|
12
|
Mahasiswa
memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
|
Layanan
Responsif
|
Tugas
kelompok 11
|
13
|
Mahasiswa
memahami Strategi Pengembangan Pribadi-Sosial
|
Layanan
Perencanaan Individual
Dukungan
Sistem
|
Tugas
kelompok 12
|
14-15
|
Mahasiswa
memahami
Penyusunan
Program Pribadi-Sosial
|
Tugas penyusunan program BK
pribadi dan sosial
|
|
16
|
UAS
|
Catatan :
1.
Pembagian kelompok
menjadi 12 (1 kelompok berisi 3 atau 4 orang)
2.
Tugas berupa presentasi dan makalah yang
dikonsultasikan, dengan ketentuan sebagai berikut :
a.
Susunan penulisan :
pendahuluan, tinjauan teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan, evaluasi (5 pertanyaan
multiple choise)
b.
Syarat minimal 15 halaman
c.
Lakukan bimbingan khusus
sampai pengumpulan akhir di uas (ada lembar bimbingan)
d.
Cara penulisan : times
new roman 12 dengan 1,5 spasi
e.
Presentasi berupa ppt
yang mudah dipahami : bisa disertai gambar dan video
3.
Pada tiap presentasi
seluruh anggota kelompok harus hafal teori masing-masing, karena ada sesi
menjelaskan teori secara masing-masing individu pada kelompok audiens yang
diatur saat perkuliahan. Pembagian berkelompok audiens saat presentasi menjadi
3 kelompok besar (1,2,3,4); (5,6,7,8); (9,10,11,12) kecuali kelompok presenter
(dikurangi kelompok presentasi)
F. DAFTAR
RUJUKAN
---------.
(2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung PT. Remaja Rosda
Karya.
-------. (2006).
Program Bimbingan dan Kons eling di Sekolah. Bandung : Puistaka Bani Quraisy.
Browers, Judy L.
& Hatch, Patrricia A. (2002). The National Model For School Counseling
Programs. ASCA ( American School Counselor Association).
Gibson R.L. &
Mitchel M.H. (1986). Introduction to Counseling and Guidance New York :
MacMillan Publishing Company.
Prayitno. 2002. Dasa-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta
: Rineka Cipta.
Syamsu Yusuf,
L.N. & Juntika Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung
: PT. Remaja Rosda Karya.
Wahab, R. (2003).
Bimbingan Sosial-Pribadi Berbasis Model Perkembangan. Desertasi Pada Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Tidak Diterbitkan)
Walgito, B. 2004.
Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta:
Andi.
Winkel, W.S.
2005. BK di Institusi Pendidikan.
Jakarta : Grasindo
Kontrak pembelajaran
Kuliah : rabu, 07.30, keterlambatan 15
menit
Konsekwensi keterlambatan masik ttp gak
absen
Konsekwensi absen kurang : tugas
tambahan refew jurnal
Reward keaktifan 2 point/ keaktifan
Komentar
Posting Komentar