ANALISIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Keluarga)



ANALISIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Lingkungan Keluarga


    A.    Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pendidikan
Keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak. Di lingkungan keluarga anak mendapatkan perhatian, kasih sayang, dorongan, bimbingan, keteladanan dan pemenuhan kebutuhan ekonomi dari orang tua sehingga anak dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya demi perkembangan di masa mendatang.
Keluarga adalah salah satu mata rantai kehidupan yang paling sederhanan dalam sejarah perjalanan hidup anak manusia. Sehingga keluarga membutuhkan bingkai ajaran-ajaran yang baik sebagai pelindung dan penghias lukisan yang begitu indah bila di pandang oleh mata ini, tidak terlepas dari itu semua dasar keluarga adalah sakinah, mawadah dan warrohmah.
Ini sering menjadi sebuah istilah yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang yaitu “baitii jannatii” yang artinya rumahku adalah surgaku. Ini adalah ungkapan yang tepat untuk kelurga yang ideal karena, keluarga adalah sumber utama dari segi manapun. Keluarga sebagai sumber utama memberikan pendidikan yang sangat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan mental maupun fisik anak dalam kehidupannya. Sehingga perlu diingat bahwa, keluarga merupakan suatu system yang terdiri atas elemen-elemen yang saling berkaitan satu sama lain yang memiliki hubungan sangat erat. Keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berusia dini, akan sangat berpengaruh pada keberhasilannya di masa mendatang. Jadi betapa pentingan pendidikan di dalam sebuah keluarga.

    B.     Analisis tentang lingkungan keluarga
Berikut ini merupakan analisis tentang lingkungan keluarga, di keluarga saya sendiri, yang berisi ulasan tentang
(1). Apa pengaruh lingkungan keluarga terhadap pribadi saya?
(2). Siapa yang berperan dalam lingkungan keluarga saya?
(3). Dimana peran penting keluarga bagi pendidikan saya?
(4). Kapan keluarga berperan penting bagi pendidikan saya?
(5). Bagaimana cara keluarga saya memenuhi kebutuhan pendidikan?
(6). Mengapa keluarga termasuk kedalam salah satu lingkungan pendidikan?
Dikeluarga pendidikan merupakan hal yang wajar diterapkan, keluarga memiliki peran penting terhadap pembentukan pribadi anak. Di keluarga saya diajarkan bagaimana melakukan sesuatu sebelum lingkungan sekolah mengajarkan saya, pengenalan tentang prilaku yang baik dan buruk pun pertama saya ketahui melalui pendidikan dikeluarga. Banyak sekali pengaruh keluarga terhadap pribadi saya, misalnya:
Bersosialisasi, keluarga merupakan lingkungan pertama yang mengajarkan bagaimana bersosialisasi atau berinteraksi denga orang lain, misalnya diajak berkomunikasi dengan kakak maupun bermain dengan kedua orang tua dan lain sebagainya.
Beretika, etika atau moral pun pertama kali saya dapatkan dikeluarga saya, misalnya saya di ajarkan bagaimana cara makan yang baik dan benar, cara bersopan santun, hingga cara berbuat baik.
Kebutuhan ekonomi, selain yang telah dijelaskan, keluarga juga berperan dalam kebutuhan ekonomi anak dimana kebutuban berupa sandang, pangan dan papan.
Beragama, keluarga saya mengajarkan agama sejak saya kecil, misalnya diajak sholat maupun mengaji meskipun saya hanya mengikuti gerakan ataupun hanya mendengarkan.
Terlepas dari itu semua, orang tua memiliki peran penting bagi perkembangan pendidikan dilingkungan keluarga. Keluarga merupakan lingkungan yang pertama bagi anak. Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, yaitu ayah dan ibu yang merupakan figure sentral dalam pendidikan. Fungsi pendidikan mengharuskan setiap orang tua untuk mengkondisikan kehidupan keluarga menjadi situasi pendidikan. Dan pendidikan anak ketika dilingkungan sekolah itu hanya 45% jadi kesempatan mendidik anak di rumah itu lebih banyak.
Selain orang tua, saudara kandung juga memiliki peranan yang tak kalah penting. Peran saudara kandung dalam diri saya sangat penting dimana saya dapat sharing atau berbagi kesulitan dengan kakak saya. Saudara kandung dapat menjadi teman ketika berada dirumah.
Peran penting keluarga dalam diri saya dimulai dari sejak saya kecil, bahkan ketika saya baru lahir peran keluarga sudah dimulai. Oleh karena itu keluarga harus memenuhi kebutuhan pendidikan sejak dini.
Cara keluarga saya memenuhi kebutuhan pendidikan yaitu dengan memberikan kebutuhan yang saya perlukan mulai dari kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Fungsi keluarga adalah bertanggung jawab dalam rangka menjaga dan menumbuh kembangkan anggota keluarganya. Dalam hal ini keluarga berfungsi untuk membekali semua anggotanya agar dapat hidup sesuai dengan nilai-nilai agama yang baik, pribadi yang baik, dan lingkungan yang baik pula. Demi perkembangan dan pendidikan anak, sebuah keluarga harus melaksanakan fungsi-fungsinya dengan baik.
Keluarga dapat dikatakan sebagai salah satu lingkungan pendidikan. Dalam sebuah keluarga anak diajarkan segala sesuatu dari mulai anak lahir hingga beranjak dewasa, individu pertama kali dapat belajar berbicara melalui keluarga, dapat berjalan, dapat makan, minum dan lain sebagainya melalui lingkungan keluarga. Karena keluarga merupakan lingkungan pertama yang dialami seorang anak baru lahir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS