Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) dan Laporan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang
KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER
GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman (Permendikbud No.111 Tahun 2014)
|
D
|
Tujuan Umum
|
Mempelajari
cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.. (SKKPD)
|
E
|
Topik Layanan
|
Critical Thinking
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik mampu berfikir kritis dan melihat dari
berbagai sudut pandang
2.
Peserta didik dapat melatih diri dalam pemecahan masalah
dengan berfikir kritis
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Siswa Kelas 2 IPS A
|
H
|
Metode/Teknik
|
Games / Eksperience
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 Menit
|
J
|
Media / Alat
|
Kotak Bekas, Batang Lidi, Kertas dan Pulpen
|
K
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Rabu, 31 Oktober 2018
|
L
|
Sumber Bacaan
|
Internet (Games)
|
M
|
Uraian Kegiatan
|
|
|
1. Tahap Awal
|
|
|
a.
Pernyataan Tujuan
|
Guru BK memberikan ucapan pembukaan (greeting) kepada peserta didik untuk
menambah akrab suasana yang ada dikelas serta membuat suasana jadi semakin
akrab misalnya “Apa kabar adik-adik
hari ini? kalian sudah siap untuk BK?”
|
|
b.
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan (pembentukan
kelompok)
|
Adapun tujuan pelaksanaan
bimbingan kelompok ini yaitu agar siswa dapat berfikir kritis dalam
menanggapi berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari.
1) Hari ini kita akan memberikan
permainan tentang critical thinking
2) Sebelum permainan dimulai, kita
akan membagi kelompok terlebih dahulu
3) Pembagian kelompok dilakukan
dengan memilih ketua kelompok terlebih dahulu
4) Setelah terpilih, ketua kelompok
diminta untuk memilih anggotanya secara acak melalui penyebutan nomor.
5) Kelompok sudah terbentuk apabila ketua
sudah menentukan anggotanya melalui pemilihan nomor secara acak.
6) Selanjutnya, kepada masing-masing
kelompok agar membuat nama kelompoknya untuk identitas.
|
|
c.
Mengarahkan Kegiatan (Konsolidasi)
|
Guru BK
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan konsolidasi untuk
meyakinkan bahwa semua peserta didik sudah paham atau belum dengan tugasnya
masing-masing.. Misalnya,”Adik-adikku
semuanya,apa kalian sudah paham dengan kegiatan yang akan kita lakukan
sekarang? Jika ada yang belum paham silahkan ditanyakan terlebih dahulu.”
|
|
d.
Tahap Peralihan (Transisi)
|
Guru BK memberikan motivasi dan semangat pada Peserta didik untuk mengikuti kegiatan
bimbingan kelompok secara teratur dan baik dan berusaha mengkondisikan
situasi pelaksanaan layanan supaya kondusif serta menyenangkan.
|
|
Guru BK atau konselor menanyakan kalau kalau ada
siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasannya (Storming)
|
a.
Guru bimbingan dan konseling atau konselor
menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan tugas
b.
Guru bimbingan dan konseling memberi kesempatan
bertanya kepada setiap kelompok tentang tugas-tugas yang belum mereka pahami
c.
Guru bimbingan dan konseling atau konselor
menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab peserta
dalam melakukan kegiatan.
|
|
Guru BK menyiapkan siswa untuk melakukan komitmen
tentang kegiatan yang akan dilakukannya (Norming)
|
a. Guru BK menanyakan
kesiapan para peserta untuk melaksanakan tugas.
b.
setelah semua peserta menyatakan siap, kemudian guru untuk
memulai masuk ke tahap kerja
|
|
2. Tahap Inti/ Kerja
|
|
|
a.
Kegiatan Peserta Didik berdasarkan teknisk tertentu
(Eksperientasi)
|
Peserta yang sudah berada dalam kelompoknya masing-masing dikondisikan
untuk melakukan kegiatan yang sudah dipersiapkan. Adapun operasional
pelaksanaannya yaitu:
1) Hari ini kita akan mempraktekkan
tentang pentingnya berfikir kritis.
2) Masing-masing kelompok akan di
hadapkan dengan kotak bekas yang di dalamnya terdapat batang lidi yang telah
disusun.
3) Bacalah petnjuk dengan teliti pada
tulisan yang tertea di kotak
4) Pindahkan sat batang lidi agar
perhitungannya sesuai dengan kaidah matematika.
5) Silahkan diskusikan dengan teman
satu kelompok.
|
|
3 Tahap Pengakhiran
(Terminasi)
|
|
|
1. Tahap Penutup
|
Guru BK meminta siswa untuk menyampaikan makna yang
terkandung dalam kegiatan ini.
|
O
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi Proses
|
1)
Guru BK mengadakan refleksi kegiatan dengan cara
memperhatikan hal berikut ini:
a)
Peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan
b)
Peserta didik memiliki antusiasme yang tinggi dala kegiatan
c)
Alokasi waktu pemberian layanan sesuai dengan rencana yang
telah ditetapkan
|
2. Evaluasi Hasil
|
1)
Pemahaman peserta didik
a)
Peserta didik/konseli memiliki pengetahuan dan pemahaman
diri sesuai dengan layanan yang diberikan.
2)
Perasaan Positif
a)
Peserta didik merasa yakin atas kinerja atau guru BK dalam
melaksanakan layanan.
3)
Rencana Kegiatan Pasca Layanan
a)
Peserta didik diberi tugas untuk meresume materi yang
didapat pada pertemuan hari ini
|
Sumber:
-------.2012.Games ice breaking dri lidi. http://carikost.blogspot.com/2012/12/
game-ice-breaking-dari-lidi.html diakses pada oktobe 2018
Pangkat, Oktober 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LAPORAN
PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER
GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Komponen Layanan :
Layanan Dasar
Bidang
layanan : Belajar
Hari/
Tanggal Pelaksanaan : Rabu, 31
Oktober 2018
Waktu
:
1 x 45 Menit
Kelas
: 2
IPS A
Tujuan
: Mempelajari
cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.. (SKKPD)
Uraian Pelaksanaan
1. Uraikan
kegiatan yang telah dilaksanakan (eksperientasi) :
a. Peserta
didik mendiskusikan cara pemecahan masalah.
b. Peserta
didik berdisuksi untuk memutuskan lidi mana yang akan dipindahkan
2. Hasil
yang diperoleh (Identifikasi) :
a. Pesrta
didik menjadilebih hati-hati dalam bertindak
b. Peserta
didik menjadi lebih menyeluruh dalam memandang sesuatu
3. Kesimpulan
yang didapat (Analisis)
a. Peserta
didik mampu menganalisa dari semua kemungkinan yang ada
b. Peserta
didik dapat berfikir kritis
4.
Tindak lanjut dari kegiatan ini
(Generalisasi) :
a. Penilaian
atau persepsi terhadap suatu hal harus didasarkan dari berbagai aspek dan sudut
pandang untuk melihat sejauh mana kita berfikir kritis.
Pangkat,
Oktober 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
Komentar
Posting Komentar