RPL dan Laporan Bimbingan Klasikal Bidang Belajar
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang
KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik Layanan
|
Berfikir Kritis
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman (Permendikbud No.111 Tahun 2014)
|
E
|
Tujuan Umum
|
Mempelajari
cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif..
(SKKPD)
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Siswa dapat mulai berfikir secara kritis dalam situasi
belajar akademik.
2.
Siswa mulai dapat mengambil keputusan secara kritis
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas 3 IPA B
|
H
|
Materi Layanan
|
Berusaha berfikir kritis dalam belajar dan akademik
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 Menit
|
J
|
Sumber
|
Internet
|
K
|
Metode/Teknik
|
Menulis (Written) / Teknik eksperiental
|
L
|
Media/Alat
|
Spidol papan tulis, kertas
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap Awal Pendahuluan
|
|
|
a.
Pernyataan Tujuan
|
Guru BK memberikan ucapan pembukaan semangat kepada peserta didik serta
menjelaskan apa tujuan peserta didik mengikut layanan bimbingan klasikal. adapun
tujuan bimbingan klasikal ini yait supaya siswa dapat berfikir kritis dalam
menyelesaikan masalah di bidang belajar.
|
|
b.
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
Kegiatan yang akan dilakukan yaitu berupa misi atau
teka teki yang akan ditulis oleh Guru BK di papan tulis. Siswa diminta untuk
menyelesaikan kasus atau soal tersebut.
|
|
c.
Mengarahkan Kegiatan (Konsolidasi)
|
Guru BK memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk melakukan konsolidasi untuk meyakinkan bahwa semua peserta didik
sudah paham atau belum dengan tugasnya masing-masing.. Misalnya,”Adik-adikku
semuanya,apa kalian sudah paham dengan
kegiatan yang akan kita lakukan sekarang? Jika ada yang belum paham silahkan
ditanyakan terlebih dahulu.”
|
|
d.
Tahap Peralihan (Transisi)
|
Guru BK memberikan motivasi dan semangat pada Peserta didik untuk mengikuti kegiatan
bimbingan klasikal secara teratur dan baik dan berusaha mengkondisikan
situasi pelaksanaan layanan supaya kondusif serta menyenangkan.
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a.
Kegiatan Peserta Didik
|
1)
Peserta didik diminta untuk memperhatikan guru BK dan
mendengarkan setiap instruksi dan memperhatikan sampai selesai.
2)
Peserta didik diminta memecahkan kasus atau teka-teki
berupa lingkaran, garis dan titik yang sudah disediakan oleh Guru BK dengan
ketentuan yang sudah ditentukan diawal.
3)
Peserta didik diminta berani menjawab dengan bergiliran
maju kedepan dan menyelesaikan misi yang telah dibuat.
|
|
b.
Kegiatan Guru BK
|
1)
Guru BK memberikan intstruksi terkait misi apa yang harus
diselesaikan oleh siswa berupa pembuatan lingkaran, titik dan garis pendek.
2)
Siswa diminta menyelesaikan misi yang diberikan oleh Guru
BK
3)
Guru BK memberitahu jawaban sesungguhnya apabila peserta
didik tidak menyelesaikan misi dengan baik
|
|
3. Tahap Penutup
|
Guru Bk meminta siswa untuk menyimpulkan kembali
materi yang telah disampaikan dan menganalisis apa yang telah dipelajarinya
hari ini
|
O
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru
BK mengadakan refleksi kegiatan dengan cara memperhatikan hal berikut ini:
a)
Peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan
b)
Peserta didik memiliki antusiasme yang tinggi dala kegiatan
c)
Alokasi waktu pemberian layanan sesuai dengan rencana yang
telah ditetapkan
|
2. Evaluasi Hasil
|
a)
Pemahaman peserta didik
·
Peserta didik/konseli memiliki pengetahuan dan pemahaman
diri sesuai dengan layanan yang diberikan.
a)
Perasaan Positif
·
Peserta didik merasa yakin atas kinerja atau guru BK dalam
melaksanakan layanan.
b)
Rencana Kegiatan Pasca Layanan
·
Peserta didik diberi tugas untuk menganalisis apa yang
didapat.
|
Sumber:
-------.2012.Games ice breaking dri lidi. http://carikost.blogspot.com/2012/12/
game-ice-breaking-dari-lidi.html diakses pada oktobe 2018
Pangkat, 15 Oktober 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH
PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LAPORAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2018 – 2019
1
|
Komponen
layanan
|
Layanan Dasar
|
2
|
Bidang
layanan
|
Belajar
|
3
|
Topik
layanan
|
Critical
Thinking
|
4
|
Tujuan
layanan
|
Mempelajari
cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif..
(SKKPD)
|
5
|
Kelas
/Semester
|
3
IPA B
|
6
|
Hari/Tanggal
|
Senin,
15 Oktober 2018
|
7
|
Durasi
pertemuan
|
1
x 45 Menit
|
8
|
Materi
|
Berusaha
berfikir kritis dalam belajar dan akademik
|
9
|
Hasil
dan Tindak Lanjut
|
Peserta
didik mampu menyelesaikan pemecahan masalah melalui berfikir kritis
Peserta
didik diberi tugas dengan memberikan kasus dan diminta menyelesaikan untuk
melihat sejauhmana peserta didik dapat mampu berfikir secara kritis.
|
Pangkat,
Oktober 2018
Mengetahui,
Guru
Pamong BK
Hani
Sulistyani,S.Psi
NIP:-
|
Guru
BK/Konselor
E
Sinta Nuriah
NIM.
2285150021
|
Komentar
Posting Komentar