RPL dan Laporan Bimbingan Klasikal Bidang Belajar


MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH

PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019
A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Belajar
C
Topik Layanan
Berfikir Kritis
D
Fungsi Layanan
Pemahaman (Permendikbud No.111 Tahun 2014)
E
Tujuan Umum
Mempelajari cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.. (SKKPD)
F
Tujuan Khusus
1.      Siswa dapat mulai berfikir secara kritis dalam situasi belajar akademik.
2.      Siswa mulai dapat mengambil keputusan secara kritis
G
Sasaran Layanan
Kelas 3 IPA B
H
Materi Layanan
Berusaha berfikir kritis dalam belajar dan akademik
I
Waktu
1 x 45 Menit
J
Sumber
Internet
K
Metode/Teknik
Menulis (Written) / Teknik eksperiental
L
Media/Alat
Spidol papan tulis, kertas
M
Pelaksanaan

1. Tahap Awal Pendahuluan

a.       Pernyataan Tujuan
Guru BK memberikan ucapan pembukaan semangat kepada peserta didik serta menjelaskan apa tujuan peserta didik mengikut layanan bimbingan klasikal. adapun tujuan bimbingan klasikal ini yait supaya siswa dapat berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah di bidang belajar.


b.      Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Kegiatan yang akan dilakukan yaitu berupa misi atau teka teki yang akan ditulis oleh Guru BK di papan tulis. Siswa diminta untuk menyelesaikan kasus atau soal tersebut.

c.       Mengarahkan Kegiatan (Konsolidasi)
Guru BK memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan konsolidasi untuk meyakinkan bahwa semua peserta didik sudah paham atau belum dengan tugasnya masing-masing.. Misalnya,”Adik-adikku  semuanya,apa kalian sudah paham dengan kegiatan yang akan kita lakukan sekarang? Jika ada yang belum paham silahkan ditanyakan terlebih dahulu.”

d.      Tahap Peralihan (Transisi)
Guru BK memberikan motivasi dan semangat  pada Peserta didik untuk mengikuti kegiatan bimbingan klasikal secara teratur dan baik dan berusaha mengkondisikan situasi pelaksanaan layanan supaya kondusif serta menyenangkan.

2. Tahap Inti

a.       Kegiatan Peserta Didik
1)      Peserta didik diminta untuk memperhatikan guru BK dan mendengarkan setiap instruksi dan memperhatikan sampai selesai.
2)      Peserta didik diminta memecahkan kasus atau teka-teki berupa lingkaran, garis dan titik yang sudah disediakan oleh Guru BK dengan ketentuan yang sudah ditentukan diawal.
3)      Peserta didik diminta berani menjawab dengan bergiliran maju kedepan dan menyelesaikan misi yang telah dibuat.

b.      Kegiatan Guru BK
1)      Guru BK memberikan intstruksi terkait misi apa yang harus diselesaikan oleh siswa berupa pembuatan lingkaran, titik dan garis pendek.
2)      Siswa diminta menyelesaikan misi yang diberikan oleh Guru BK
3)      Guru BK memberitahu jawaban sesungguhnya apabila peserta didik tidak menyelesaikan misi dengan baik

3. Tahap Penutup
Guru Bk meminta siswa untuk menyimpulkan kembali materi yang telah disampaikan dan menganalisis apa yang telah dipelajarinya hari ini
O
Evaluasi

1. Evaluasi Proses
Guru BK mengadakan refleksi kegiatan dengan cara memperhatikan hal berikut ini:
a)      Peserta didik terlibat secara aktif dalam kegiatan
b)      Peserta didik memiliki antusiasme yang tinggi dala kegiatan
c)      Alokasi waktu pemberian layanan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
2. Evaluasi Hasil
a)      Pemahaman peserta didik
·         Peserta didik/konseli memiliki pengetahuan dan pemahaman diri sesuai dengan layanan yang diberikan.
a)      Perasaan Positif
·         Peserta didik merasa yakin atas kinerja atau guru BK dalam melaksanakan layanan.
b)      Rencana Kegiatan Pasca Layanan
·         Peserta didik diberi tugas untuk menganalisis apa yang didapat.
Sumber:
-------.2012.Games ice breaking dri lidi. http://carikost.blogspot.com/2012/12/ game-ice-breaking-dari-lidi.html diakses pada oktobe 2018

Pangkat,  15 Oktober 2018


Mengetahui,
Guru Pamong BK



Hani Sulistyani,S.Psi
NIP:-

Guru BK/Konselor



E Sinta Nuriah
NIM. 2285150021





MADRASATUL MU’ALIMIEN AL-ISLAMIYAH


PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 DAAR EL QOLAM
Jalan Raya Serang KM.35 Pasit Gintung, Jayanti, Tangerang – Banten 15610




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


LAPORAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019

1
Komponen layanan
Layanan Dasar
2
Bidang layanan
Belajar
3
Topik layanan
Critical Thinking
4
Tujuan layanan
Mempelajari cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.. (SKKPD)
5
Kelas /Semester
3 IPA B
6
Hari/Tanggal
Senin, 15 Oktober 2018
7
Durasi pertemuan
1 x 45 Menit
8
Materi
Berusaha berfikir kritis dalam belajar dan akademik
9
Hasil dan Tindak Lanjut
Peserta didik mampu menyelesaikan pemecahan masalah melalui berfikir kritis
Peserta didik diberi tugas dengan memberikan kasus dan diminta menyelesaikan untuk melihat sejauhmana peserta didik dapat mampu berfikir secara kritis.



Pangkat, Oktober 2018
Mengetahui,
Guru Pamong BK



Hani Sulistyani,S.Psi
NIP:-

Guru BK/Konselor



E Sinta Nuriah
NIM. 2285150021

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS