Faktor Frustasi


Banyak orang bertanya-tanya Kenapa manusia itu bisa mengalami frustrasi jawabannya tentu tidak akan sederhana pertanyaannya Karena setiap manusia mempunyai kebutuhan yang sangat beragam dan kompleks menurut hilgard frustasi itu disebabkan oleh dua faktor yaitu:


  1. Disebabkan oleh hambatan yang berada atau berasal dari dalam diri hambatan tersebut dapat berupa ketidakmampuan individu dalam mengerjakan sesuatu yang diinginkan dapat juga berupa beberapa keinginan yang muncul bersamaan dan semuanya ingin dicapainya yang tersulit adalah apabila konflik yang dihadapi itu berupa konflik keinginan atau pilihan yang dilematis. Contohnya apabila seorang anak disuruh memilih untuk memakan buah simalakama Jika dia memakannya Bapaknya yang meninggal sedangkan Jika dia tidak memakannya maka ibunya yang meninggal konflik seperti ini yang dapat menyebabkan kemungkinan frustasi yang besar.
  2. Disebabkan oleh hambatan yang berasal dari luar diri hambatan tersebut dapat berupa larangan atau campur tangan orang lain atau situasi lingkungannya. Contohnya macet putus dengan pacar Dimarahi bos dan lain-lain.


Sedangkan menurut woodworth dalam bukunya psikologi mengemukakan faktor penyebab frustrasi dibagi menjadi 4 golongan yaitu:
  1. Rintangan-rintangan yang timbul bukan dari manusia
  2. Rintangan-rintangan yang disebabkan orang lain sesama manusia. 
  3. Pertentangan antara motif-motif positif yang terdapat dalam diri seseorang.
  4. Pertentangan antara motif positif dan motif negatif yang terdapat dalam diri seseorang
Sumber : sendanayasa dalam buku pengembangan pribadi konselor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS