Kesepian. Pernah mengalaminya?

Kesepian merupakan kondisi perasaan dan pikiran murni yang muncul akibat ketidak sesuaian antara kehidupan nyata dengan beberapa keinginannya.

Kesepian juga didefinisikan sebagai keadaan subjektif individu yang merefleksikan kualitas dan kuantitas dari hubungan yang diinginkan lebih rendah daripada jaringan hubungan yang tersedia.

Lalu Siapa yang dapat mengalami kesepian?
Kesepian dialami paling banyak pada usia 18 sampai 25 tahun dengan alasan perbedaan yang besar antara keinginan mencari keintiman dengan kegagalan memperolehnya dan berkurang seiring Usia Bertambah.

Secara umum individu yang kesepian merasa tidak puas dengan keseluruhan hidupnya termasuk hubungan cinta perkawinan dan kehidupan lainnya.

Kesepian memiliki reaksi yang terdiri atas reaksi pasif dan reaksi aktif. Reaksi pasif dari kesepian misalnya menangis tidur dan menonton TV sedangkan reaksi aktif Dari kesepian misalnya bekerja membaca bertelepon atau mengunjungi teman. Kesepian juga terkait dengan kondisi depresi cemas tidak bahagia malu serta kesehatan seseorang (Nero,1992)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesepian yaitu
1). pola asuh orang tua yang hangat dan membantu akan mengurangi jumlah remaja kesepian
2). pemaknaan subjektif terhadap situasi situasi kehilangan
3). harga diri, individu yang memiliki harga diri tinggi dan Individu memiliki sahabat tampil sama saat tidak bersama teman dapat menikmati waktu sendirian
4). kecerdasan emosi (EQ) yang merupakan kemampuan untuk meregulasi emosinya sendiri dan dapat berempati pada emosi orang lain
5). budaya dapat menyembuhkan culture Shock.

Kesepian dapat diatasi dengan tidak menyalahkan kelemahan diri tidak terlalu fokus pada tuntutan lingkungan berusaha lepas dari jerat kesepian dengan reaksi aktif dan meminta bantuan profesional untuk melakukan intervensi kognitif.

Sumber : Sari Devi, Sartika. 2012. Bahan ajar kesehatan mental. Semarang:UNDIP.


Pertanyaan:
Lalu apa yang sering atau biasa kalian lakukan saat kalian merasakan kesepian? 

Komentar

  1. Nama: Fiona Aurelita
    Kelas: X MM 2

    Saat merasa kesepian, biasanya saya lebih condong untuk mendengar lagu dan membuat short story atau tidur, sedikit melegakan soalnya. Hehe.

    BalasHapus
  2. Nama:Nesa nuraeni
    Kelas: X mm 2

    Jawaban
    1.membayangkan tempat yg ingin saya datangi,ingatkan diri hidup tidak selalu menyenangkan, melakukan sesuatu yg kreatif

    BalasHapus
  3. Nama : Putri intan nuraini
    Kelas : X Multimedia 4

    Jawaban :
    Menonton YouTube, keluar bermain bersama teman, olahraga, dan membaca buku

    BalasHapus
  4. nama: safiratul hoieroh
    kelas: x mm 2

    jawaban :
    saat merasa kesepian saya biasanya mencari kesibukan di luar seperti bermain bersama teman-teman

    BalasHapus
  5. Nama: Fiona Aurelita
    Kelas: X MM 2

    1.Mendengar musik
    2.Mempelajari hal baru

    BalasHapus
  6. NAMA=Bayu Dinata
    KElAS = X TBSM 1

    Saat saya merasa kesepian yg saya lakuan yaitu=melihat lingkungan luar,bernyanyi,dan tidur untuk menghilangkan beban pikiran,terima kasih

    BalasHapus
  7. NAMA : ABDUL MUTTAKIN
    KELAS : X ( TBSM 1 )

    JAWABAN :

    Pada saat merasa kesepian yang sering dilakukan oleh saya sendiri yaitu mencari tau hal baru atau mencari kesibukan agar tidak merasa kesepian, seperti membantu pekerjaan ibu merapihkan rumah.

    BalasHapus
  8. Nama : Muhamad Rangga Pratama Bahri
    Kelas : X Multimedia 4

    Jawaban : Menonton Film/YouTube dan bermain Game.

    BalasHapus
  9. Nama: Hafan Dika
    Kelas: X MM2

    bermain bersama teman,Mendengarkan musik,

    BalasHapus
  10. Nama : MUHAMMAD IRVAN
    Kelas : X TBSM 1

    Jawaban :

    Disaat saya kesepian saya akan mencari kesebukan seperti bermain game atau menonton TV, YouTube

    BalasHapus
  11. Nama :Neysha adya fitri
    Kelas : x multimedia 2
    Jawaban :
    1. Mendengarkan musik
    2. Bermain bersama teman

    BalasHapus
  12. Nama: Rizki Munandar
    Kelas: X MM 2

    Jawaban:

    Di saat saya kesepian saya bermain game, menonton tik tok, menonton YouTube.

    BalasHapus
  13. NAMA:DESTA SEPTIANUDIN
    KELAS: X. MM2

    JAWABAN:
    disaat saya kesepian, saya akan bermain game dengan kawan²

    BalasHapus
  14. Nama: Gilang Ramdhan Bahari
    Kelas: X MM 2

    Jawaban:

    Mendengar musik dan bermain game

    BalasHapus
  15. Nama: Rizki Maulana (B)
    Kelas: x mm 2

    Jawaban:
    Di saat merasa kesepian saya akan bermain dengan teman" / bermain game

    BalasHapus
  16. Nama : Muhammad doni prasetiyo
    Kelas : X TBSM 1

    Jawaban: di saat saya merasa kesepian saya akan mendengarkan musik

    BalasHapus
  17. Nama : Muhammad Arya Putra
    Kelas : X TBSM 1

    Jawaban :
    Disaat kesepian yang saya lakukan antara tidur dan mendengarkan musik

    BalasHapus
  18. nama : agas gunawan
    kelas : x multimedia 2

    jawaban : dengerin musik maen game

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama:wildan akmal maulana
    Kelas:x multimedia


    Jawaban:bermain game

    BalasHapus
  21. Nama: Hairdyan Dwi Putra
    Kelas: X TBSM 1

    Jawaban: maen game, push up, basket, nonton anime

    BalasHapus
  22. nama:firda sari
    kelas:x mm 2

    jawaban
    mendengar musik,bermain bersama teman

    BalasHapus
  23. Nama: Muhammad Ardiansyah
    Kelas:X TBSM 1

    Jawaban:Disaat kesepian yang saya lakukan antara tidur dan mendengarkan musik

    BalasHapus
  24. Nama: Sherli Nur Alika Amaliah
    Kelas: X MM 4
    Absen: 35

    Pertanyaan:
    Lalu apa yang sering atau biasa kalian lakukan saat kalian merasakan kesepian?

    Jawab:
    1. Menonton film
    2. Belajar atau membaca buku
    3. Mempelajari hal baru
    4. Bermain game
    5. Menekuni hobi
    6. Mendengarkan musik

    BalasHapus
  25. nama:Agim
    kelas:x mm 2

    jawaban
    mendengar musik

    BalasHapus
  26. nama:Agim
    kelas:x mm 2

    jawaban
    mendengar musik/Bermain bersama teman

    BalasHapus
  27. nama: Aditya Eka Pramudhita
    kelas: X TBSM 1
    jawaban: menonton film/tdur

    BalasHapus
  28. Nama : Assyirul A'zzam Alrumi
    Kelas : X Multimedia 6
    Jawaban : saya kalau sedang kesepian biasanya bermain game, menonton youtube/anime, tidur, dan bermain rubik

    BalasHapus
  29. Nama : Muhammad Ikhsan Sauri
    Kelas : X MM 6
    Jawaban : Menonton Film

    BalasHapus
  30. Nama : Zakie ahmad falahiyan
    Kelass : x mm 6
    jawaban : main game dan bermain bersama teman teman

    BalasHapus
  31. nama: khamdan setiawan
    kelas: X mm 6
    jawaban : saya jika sedang kesepian melakukan eksperimen menggunakan benda yg berada di dekat saya

    BalasHapus
  32. Nama : Fahturozi
    Kelas : X TBSM 3

    disaat merasa kesepian , biasanya saya mendengarkan musik dan bermain game

    BalasHapus
  33. Nama:kaila ismi sari
    Kelas: XMM 6

    Di saat kesepian saya lebih memilih mendengarkan musik dan membaca novel

    BalasHapus
  34. nama: amreena yusuf fauziah
    kelas: x mm 5
    jawaban: saya kalo sedang kesepian biasanya main, nonton film, mendengarkan musik atau tidur

    BalasHapus
  35. Nama: Keisya Aurellia Lestari
    Kelas: X MM 5

    Jawaban:saya kalau sedang kesepian biasanya menonton youtube,mendengar musik, dan tidur.

    BalasHapus
  36. Nama:salsabila lirabiha putri daumar
    Kelas:X MM 3

    Disaat kesepian saya biasanya mendengar music,membaca novel,dan menonton film

    BalasHapus
  37. Nama : gustia Wardana
    Kls : X TBSM 3

    JAWABAN :

    DI SAAT MERASA KESEPIAN , BIASANYA MEMBERSIHKAN RUMAH , NYAPU,NGEPEL, NONTON TV, BERMAIN GAME.

    BalasHapus
  38. Nama : Muhammad Arifin Ilham
    Kelas : X TBSM 3

    Kadang dirumah Ilham merasa bosan dan kesepian, aktivitas yang dilakukan ketika sedang bosan dan kesepian adalah Ilham akan mencari aktivitas yang menyehatkan badan seperti :
    1. bersih bersih rumah
    2. Skiping (lompat tali) 5 mnt
    3. Lari-lari 30 mnt
    4. Dan bermain game geometri :)

    BalasHapus
  39. Nama : Laudya Fashya Ayudhita
    Kelas : X Multimedia 6

    Jawaban : disaat saya merasa kesepian saya biasanya lebih sering berkumpul atau berbagi cerita bersama keluarga/teman,menonton tv,menulis,main hp,dan melakukan kesibukan lainnya supaya saya tidak kesepian.

    BalasHapus
  40. Nama:Salsa Melani Putri
    Kelas:X mm3

    disaat merasa kesepian saya biasanya main bersama teman dan tdur

    BalasHapus
  41. Nama: M. Hadi Ilmi
    Kelas: X MM 5

    Jawaban: ketika saya sedang kesepian biasanya saya akan bermain game dan melihat youtube

    BalasHapus
  42. Nama:khairunisa aulia azahwa
    kelas:xmm5

    disaat merasa kesepian saya main game,menonton tv,dan tidur

    BalasHapus
  43. Nama : Rayhan Rafiqan
    Kelas : X MM 6
    Jawaban : Jika saya sedang kesepian saya akan menonton youtube dan bermain

    BalasHapus
  44. Nama:angga pramudika setiawan
    Kelas x mm 5

    Disaat saya kesepian saya akan bermain game

    BalasHapus
  45. Nama : Regi yansyah
    Kelas : X MM 6

    Jawaba : disaat saya kesepian, saya akan mencari aktivitas lain seperti olahraga, bermain dan bantu orang tua

    BalasHapus
  46. Nama:Ersa
    Kls:X mm6

    Jawaban: disaat sy kesepian biasanya sy mendengar kan musik,membaca kata²motivasi Di internet,pergi bermain dengan teman

    BalasHapus

  47. Nama: Elsi Aulina Sumitra
    Kelas: X MM 5

    Di saat saya kesepian saya bermain game,dan mendengarkan musik,

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA:ANANDA ARYA D.M
      KELAS: XTBSM 3

      JAWABAN:disaat kesepian saya mendengarkan musik

      Hapus
  48. Nama:sri arnes
    Kelas:X MM5


    Jawaban:di saat saya kesepian saya buka YouTube dan tiktok



    BalasHapus
  49. Nama:ANANDA ARYA D.M
    Kelas:XTBSM 3


    JAWABAN:disaat kesepian saya maen hp

    BalasHapus
  50. Nama : Muhammad Arrizki
    Kelas : X MM 5

    Jawaban : kalau saya kesepian sih mending tidur

    BalasHapus
  51. Nama:Eksa Aulia Fadilatus Solihah
    Kelas:X mm5
    Jawaban:Membaca,mencari kesibukan lain di luar seperti bermain bersama teman

    BalasHapus
  52. Nama: Amirah Hasna Layla
    Kelas: X MM 5

    Jawaban: Kalau saya kesepian saya melakukan kesibukan lain, bermain dengan teman, atau melakukan kegiatan di luar rumah.

    BalasHapus
  53. Salsabilla Aina Maulidya
    Kelas: X Multimedia 3
    Ketika kesepian saya sering membaca buku karena Buku mampu menjadi jembatan antara diri sendiri dengan pikiran orang lain dan
    akan lebih mudah memahami apa yang orang lain rasakan.

    BalasHapus
  54. Nama: pirda suci Ramadani
    Kelas: Xmm3
    Jawaban:disaat kesepian saya nonton tv atau bermain hp, menggambar, tdr dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  55. nama:silsi febriani
    kelas:xmm5
    jawaban:saat merasa kesepian saya nonton upin ipin or Boboiboy:)

    BalasHapus
  56. Nama: Elsya Salsabila
    Kelas: x mm 5
    Jawaban:
    -Streaming MV
    -liat tiktok

    BalasHapus
  57. Nama : Layyinnida Indah Ramadhan
    Kelas : X MM 6
    Jawaban :
    Kalau saya kesepian , saya biasa bermain sama kucing saya bu, kadang juga curhat ke orang tua atau temen hehe

    BalasHapus
  58. Nama: Siti Aulia Rahmah Sari
    Kelas:X.MM5
    Jawaban:
    Saat saya merasa kesepian,saya scroll tiktok,nnton yt,nnton Drakor,baca wp,menulis qoutes

    BalasHapus
  59. Nama:hudan kukuh wicaksono
    Kelas:X mm 3
    jwb:turu,main game,nonton anime (?)

    BalasHapus
  60. Nama:Kevin Buhori
    Kelas: X mm5
    [Jawaban].
    Saat saya merasa kesepian...!!!
    Maen tiktok,bermain dengan teman,terutama main hp

    BalasHapus
  61. Nama: Muhamad faiq aflah
    Kelas: X mm 3
    Jawaban :
    Mendengarkan musik dan terkadang suka menghayal sesuatu

    BalasHapus
  62. NAMA:NINDYA KAMILA PUTRI
    KELAS:XMM3
    JAWAB:SAAT SAYA KESEPIAN DISITU SAYA MERASA TIDAK PUNYA SIAPA SIAPA DAN SAYA TIDUR.

    BalasHapus
  63. Nama : Muhammad Naufal A.
    Kelas : XMM6
    Jawaban : Saat saya merasa kesepian biasanya ada beberapa cara utk menghilangkan kesepian tersebut.
    Contohnya : Pergi bermain,tidur,beribadah dll.

    BalasHapus
  64. Haikal Ferdiansyah
    X MM 3

    Main hp
    Duduk didepan rumah
    Mendengarkan lagu
    Bersih bersih
    Dan kesepian adalah hal yang saya rasakan setiap hari ketika dirumah

    BalasHapus
  65. Ervandra Agus Pratama
    X TBSM 3

    Disaat merasa kesepian biasanya saya menonton film, mendengar lagu, dan main game.

    BalasHapus
  66. Devi awwaliyah
    x mm 3
    saat merasaa kesepian lebih sering denger lagu

    BalasHapus
  67. Nama : Bandung Rahelsa
    Kelas : X TBSM 1
    Jawaban : Saat saya kesepian saya lebih memilih untuk menonton YouTube, Tik tok, Game dan Mendengarkan Musik.Terimakasih

    BalasHapus
  68. Dhika Maulana
    X mm3

    Bermain game dan tidur

    BalasHapus
  69. Nama: Erlinda Junatasya
    Kelas: X MM 5

    jawaban: saat saya kesepian biasanya saya nonton drakor atau baca novel

    BalasHapus
  70. Nama: ulima Shyfa A.
    Kls: x mm3
    Saat saya kesepian saya mendengarkan musik, nonton drma,baca AU,tidur

    BalasHapus
  71. Nama: Amelia Nur
    Kls: x tbsm 3

    Melakukan hal yg saya suka

    BalasHapus
  72. Nama: Anandya Wardhana
    Kls: xmm5

    keluar rumah

    BalasHapus
  73. Nama:ALIMUDDIN
    kelas:x tbsm 3

    JAWABAN:membaca Al-Quran

    BalasHapus
  74. Nama:Imam Catur Nugroho
    kelas:x tbsm 1

    Jawaban:Jika saya kesepian saya main game

    BalasHapus
  75. Nama:Rista Amalia
    Kelas: x mm1
    Musikan/maen wa

    BalasHapus
  76. Nama:Salwa Nur Fitri
    kelas: x mm 1

    jawaban:di saat merasa kesepian saya lebih memilih tidur dan scroll tiktok

    BalasHapus
  77. Nama:Al Yuda
    Kelas: X Tbsm 2

    Jawaban: jika saya kesepian saya akan Bermain sepak bola

    BalasHapus
  78. Nama:Awaludin kamal
    Kelas: X Tbsm 2


    Jawaban: Saat saya kesepian saya akan maen game sambil rebahan,sambil musikan

    BalasHapus
  79. Nama: Az-zahra ainiyah
    Kelas: X MM 1

    Jawaban: Saat merasa kesepian saya memilih untuk mendengarkan lagu dan scroll tiktok

    BalasHapus
  80. Nama: Meili muldani
    Kelas: X MM 1

    jawaban: di saat saya merasa kesepian saya mendengarkan musik,baca wattpad dan cari kesibukan sendiri.

    BalasHapus
  81. Nama: Dimas Duwi Hartanto
    Kelas: X TBSM 2

    Jawaban: Disaat kesepian saya biasanya mengisi waktu tersebut dengan melakukan aktivitas tertentu

    BalasHapus
  82. nama: Salsabilafeby Yanti
    kelas:x mm 1

    jawaban:disaat saya kesepian saya mendengarkan musik dan bermain bersama kawan"

    BalasHapus
  83. Nama: satria kusuma yudha
    Kelas: Xtbsm 2

    Jawaban: saat merasa kesepian saya selalu melakukan hal yang mungkin bisa menghibur

    BalasHapus
  84. nama :Lia Diana
    Kelas: X mm 1

    disaat sya merasa kesepian saya biasanya nnton flim , mendengarkan musik , dan bermain bersama tmn² saya

    BalasHapus
  85. nama: dwi bakti
    Kls: X.MM 5

    di saat saya merasa kesepian saya serasa ada yg kehilangan sesuatu dan saya menemukan buku bp yg membuat kesepian saya terobati karena ibu yg selalu membuat kami ceria dan bisa menghilangkan kesepian di dalam penderitaan

    BalasHapus
  86. Nama: Ismail Haniya
    Kls: Tbsm 2

    Disaat saya merasa kesepian biasanya saya bermain bola bersama teman"

    BalasHapus
  87. Nama : Achmad Novrian Ramadhan Putra Rachman
    Kelas : Xmm1

    Saat saya merasa bosan/kesepian... Biasanya sih saya menggambar atau membaca komik online atau kadang bermain game dan menonton anime... Yaa walau masih kesepian tapi bagi saya kesepian sih jarang apalagi rumah saya ramai anggota nya jadi .. paling bosan yg datang ehehe oiya sama jika kesepian kadang saya kolaborasi menggambar dengan adik saya yg kebetulan sama sama hobi menggambar

    BalasHapus
  88. Nama: Achmad Oktavian Attila Putra Rachman
    Kelas: xmm1

    Saat saya sedih biasanya saya denger lagu atau main game atau menggambar
    Gitu aja sih:D

    BalasHapus
  89. azis hairil anwar
    x tbsm 3
    jawaban:

    menulis atau menggambar

    BalasHapus
  90. Muhammad Rifky Jamil
    X MM 1

    Biasa nya nonton film

    BalasHapus
  91. Nama : della syarif
    X MM 1

    paling denger lagu, mabar ma temen, main basket itu aja sih soalnya mau ke orang lain juga masi mikir dia lagi sibuk apa kaga

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Nama : Fadly Ramadhan
    Kelas : X MM 6

    Jawaban : Disaat saya kesepian biasanya saya bermain game dan mendengarkan musik

    BalasHapus
  94. Nama : Abdul Malik ibrahim
    Kelas : Xmm1


    Terkadang merasa seperti ini di saat tidak ada teman di saat kesepian , bukan dilakukan untuk bersedih kadang saya melakukan hal yg nenangin diri untuk bersantai tidur maupun mendengar lagu itu hal yg saya sukai

    BalasHapus
  95. Nama : Pajar Effendi
    Kelas. : X TBSM 3



    Jawaban : bermain dan mendengarkan lagu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS