Konselor, psikolog dan pskiater


Konselor psikolog dan pskiater

Bimbingan dan Konseling mungkin baru dikenal oleh masyarakat umum beberapa waktu silam. Yah memang awalnya masyarakat umum sangat asing dengan istilah yang satu ini. Bahkan mereka masih menganggap bahwa bimbingan dan konseling adalah ilmu yang berkaitan dengan psikologi. Padahal itu adalah dua rumpun ilmu yang sepertinaya tidak dapat disatukan apalagi disamakan. Kedua rumpun ilmu tersebut hanya mampu saling melengkapi satu sama lain. Seperti apa perbedaan keduanya? Mungkin ilustrasi ini dapat membantu kita terutama masyarakat umum membedakan antara konseling psikolog dan pskiater.
kasus yang sama dengan respon yang berbeda dapat membedakan pemberian layanan yang diberikan.
Misalnya : "seorang gadis dikabarkan putus cinta dan mengurung diri dikamar. Hari pertama gadis tersebut tidak mau makan bahkan keluar dari pintu kamar.
Hari kedua gadis tersebut mulai berteriak seorang diri.
Hari ketiga gadis tersebut seperti tak dapat menahan emosi yang ada pada dirinya, dia tiba tiba akan menangis dan tertawa tanpa sebab yang pasti.

Tentu saja dibalik peristiwa diatas kita dapat membedakan ketiga profesi tersebut.
Hari pertama penanganan dilakukan hanya oleh seorang konselor. Hari kedua penanganan dilakukan oleh seorang psikolog dan hari ketiga penanganan akan tepat jika dilakukan oleh seorang pskiater.
Lalu apa bedanya? Kalian akan mengetahuinya setelah memahaminya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS