Mitos

Mitos

Siapa tak kenal dengan istilah mitos? Mitos atau mite adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya (Wikipedia.com). Namun, meskipun keberadaan mitos dipercaya sebagai cerita prosa, banyak penduduk yang mempercayai dan meyakininya. Terutama dikalangan orangtua yang berada di lingkungan tradisional. Mereka masih mempercayai dengan mitos yang sudah terbukti itu hanya mitos. Berikut beberapa mitos yang sudah dipastikan hanya sebagai mitos belaka namun tetap dipercayai dikalangan masyarakat tertentu. Misalnya beberapa mitos unik yang terjadi di daerah penulis.

1. Seorang wanita hamil atau memiliki anak kecil yang masih berumur bulanan Mak ditangan atau didekatnya harus ada beberapa peralatan kecil seperti gunting, batu magnet, sapu lidi, peniti yang tujuannya untuk melindungi si bayi atau janin yang sedang dikandung dari bahaya luar.
2. Jika menggunakan pakaian terbalik baik baju maupun celana dengan tanpa disengaja terutama bagi pedagang maka dagangan yang dijualnya akan lebih lahir dari biasanya.

Itulah beberapa mitos yang mungkin ada dan mungkin tidak ada di beberapa daerah di Indonesia. Lalu mengapa mitos tetap tak tersingkirkan keberadaannya? Yah salah satunya karena kebudayaan Indonesia yang masih dipegang dengan teguh di daerah masing-masing. Kita tidak bisa menyalahkan mitos begitu saja. Jika kita memang yakin mitos itu hanya secara dari nenek moyang di jaman dahulu kala Mak biarkan itu menjadi kebudayaan yang unik yang pada hakikatnya tidak mengganggu keyakinan serta nilai moral kita.

Sumber: Wikipedia/mitos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS