Malu? Apa sih itu??

Malu.  Siapa sih yang gak kenal dengan istilah itu semua orang pasti mengenalnya atau bahkan mungkin semua orang pernah mengalaminya baik itu sekali dua kali ataupun berkali-kali. Rasa malu, rasa bersalah, dan rasa cemburu merupakan emosi yang biasa dialami oleh siapapun dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku ajar kesehatan mental, Artika Sari Devi mengungkapkan bahwa malu dan rasa bersalah merupakan emosi yang berkaitan dengan moralitas individu sehingga dampak dari emosi tersebut adalah terhambatnya perilaku yang tak diinginkan lingkungan sosial dan dukungan bagi kondisi moral tertentu. Perbedaannya adalah bahwa perasaan malu jauh lebih bersifat publik atau umum sedangkan perasaan bersalah cenderung bersifat pribadi, rasa malu yang dimiliki seseorang biasanya terkait dengan perilaku yang mengarah pada interaksi sosial secara langsung sedangkan rasa bersalah cenderung mengarahkan individu pada perilaku yang membawa dampak rahasia atau tidak ingin diketahui orang lain karena melanggar norma sosial atau bersifat immoral.

Contohnya rasa malu muncul ketika kita tidak mampu memenuhi harapan sosial, sedangkan perasaan bersalah muncul ketika kita mengetahui bahwa apa yang kita lakukan bertentangan dengan norma sosial atau immoral.

Sumber : Sari Devi, Sartika. 2012. Bahan ajar kesehatan mental. Semarang:UNDIP.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FORMAT LAPORAN KONSELING INDIVIDUAL

Teknik rapport dalam konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITAS